SIMULASI DAN PELATIHAN PEMADAMAN KEBAKARAN

Kota Madin – Kelurahan Rejomulyo Kecamatan Kartoharjo mengudang petugas pemadam kebakaran dari Kota Madiun guna menjelaskan teori dan sekaligus memberikan praktek memadamkan api, dalam  kegiatan simulasi dan pelatihan secara singkat pemadaman kebakaran, yang diikuti oleh PKK Kelurahan Rejomulyo, Kamis (22/09).

Lurah Rejomulyo Arina Wiyanika, S.STP yang hadir dalam simulasi tersebut mengatakan kegiatan simulasi dan pelatihan tersebut guna untuk menambah pengetahuan tentang penanggulangan bahaya kebakaran kususnya disaat dirumah.

Langkah pertama masukkan seluruh bagian karung goni kedalam air lalu peganglah karung menutupi tangan, posisikan karung disamping tubuh agar tidak menutupi pandangan, berjalanlah menuju sumber api dengan tidak melawan arah angin.

Setelah sampai di sumber api, posisikan karung didepan barang yang terbakar dengan tidak melawan arah angin, anda posisi anda harus berlindung dibalik karung.

Selanjutnya posisikan satu kaki kedepan, dan tutuplah kobaran api secara perlahan, jangan anda lemparkan karung goni basah yang anda pegang.

Kemudian karung basah tadi usap-usapkan pada bagian benda yang terbakar agar api cepat padam oleh air yang menempel di karung.

Setelah sekiranya api padam, angkatlah karung dengan posisi tangan yang memegangi tertutup Ulangi cara-cara diatas sampai api benar-benar mati dan padam.

Dalam simulasi pemadaman kebakaran (api buatan), setelah mendapat bimbingan dari petugas pemadam Kebakaran dari Kota Madiun adanya kegiatan ini  dapat menambah keterampilan bagi PKK, sehingga dapat mencegah kemunkinan terjadi kebakaran di rumah.